please click 1x
Kamis, 10 November 2011
Soal UN Sosiologi 2010-2011
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
SOSIOLOGI
SMA/MA
PROGRAM STUDI IPS
(PREDIKSI)
120 MENIT
1. Seorang siswa SMP di China menyumbangkan seluruh uang tabungan hasil jerih payahnya dari mengumpulkan botol bekas air mineral kepada anak – anak korban HIV/AIDS. Tindakan siswa dalam interaksi sosial tersebut dipengaruhi oleh faktor …
A. identifikasi
B. imitasi
C. motivasi
D. empati
E. sugesti
2. Perhatikan bentuk interaksi sosial berikut !
(1) Kerjasama sesama anggota partai politik
(2) Kontravensi di antara siswa dalam satu kelas
(3) Kompetisi untuk mendapatkan kedudukan
(4) Akomodasi pendapat para anggota koperasi pegawai
Yang menjadi faktor penghambat keteraturan sosial adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
3. Nilai (value) adalah anggapan masyarakat tentang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar. Berdasarkan definisi tersebut, maka keberadaan nilai bersifat ….
A. abstrak dan ideal
B. konkret dan materiil
C. individual dan mutlak
D. statis dan komunal
E. konkret dan mutlak
4. Hal mendasar yang membedakan antara norma hukum dan norma kebiasaan adalah ….
A. tempat
B. waktu
C. perintah
D. larangan
E. sanksi
5. Untuk menghindari kemacetan, para pengendara sepeda motor berjalan melewati jalur yang dilarang dilewati. Hal ini melanggar lalu lintas dan dapat membahayakan dirinya atau orang lain, tetapi mereka tetap saja melakukan. Perilaku pengendara sepeda motor yang demikian melanggar norma ….
A. usage, cara berkendara yang benar
B. folkways, kebiasaan yang diulang - ulang
C. mores, perilaku yang sesuai tatanan sosial
D. customs, adat istiadat yang bersumber dari tradisi
E. law, hukum yang tertulis dan tegas
6. Sejak kecil ibu selalu mengajarkan kepada Nadira untuk menggunakan tangan kanan ketika makan dan menerima pemberian orang lain. Tindakan tersebut merupakan contoh bentuk sosialisasi ….
A. formal
B. primer
C. sekunder
D. informal
E. nonformal
7. Keterlibatan para remaja dalam kasus pengguna narkoba lebih dominan disebabkan oleh adanya pengaruh sosialisasi dari luar lingkungan keluarga. Media sosialisasi yang berperan besar memengaruhi perilaku remaja tersebut adalah ….
A. lingkungan sekolah
B. teman sepermainan
C. lingkungan kerja
D. media massa
E. kerabat
8. Keluarga merupakan media sosialisasi primer. Terkait dengan kesinambungan moralitas masyarakat, lembaga keluarga memiliki fungsi ….
A. membentuk individu siap mandiri
B. melakukan transformasi kebudayaan
C. membentuk dasar kepribadian individu
D. menjadi tempat perlindungan individu
E. mempersiapkan masa depan individu
9. Perhatikan ciri – ciri berikut ini !
(1) Masih dapat ditoleransi oleh masyarakat
(2) Dilakukan untuk pertama kali
(3) Sudah menjadi kebiasaan
(4) Masyarakat memberikan sanksi
Yang menunjukkan ciri–ciri penyimpangan primer adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
10. Setelah perceraian kedua orang tuanya, Dodi berubah menjadi anak pemabuk dan sering bolos sekolah. Contoh tersebut menunjukkan terjadinya perilaku menyimpang akibat....
A. serangan unsur budaya asing
B. pengawasan sekolah sangat lemah
C. sanksi bagi pelanggar tidak kuat
D. media sosialisasi tidak sempurna
E. sub kebudayaan menyimpang
11. Akibat pembantu rumah tangga Bu Desi membuang sampah sembarangan, Bu Santi bertengkar dengan tetangganya, mereka saling tuduh dan mejelekkan perilaku masing masing. Lembaga pengendalian utama yang mampu mengatasi kasus tersebut adalah …
A. satpam
B. kepolisian
C. pengadilan
D. lembaga formal
E. tokoh masyarakat
12. Pedagang yang menjual ketoprak, mie ayam, ataupun baso, umunya kaum urban. Persamaan mereka dalam stratifikasi sosial adalah ….
A. jenis pekerjaannya
B. penghasilannya
C. tempat usahanya
D. asal daerahnya
E. jumlah keluarganya
13. Dalam masyarakat modern, pelapisan sosial dengan kriteria politik secara sederhana dapat terdiri dari strata pejabat dan rakyat. Individu yang menduduki strata atas ( pejabat ) dapat bergeser menjadi rakyat, dan sebaliknya rakyat dapat menduduki strata pejabat. Realitas sosial tersebut menunjukkan pelapisan sosial yang bersifat ….
A. khusus
B. umum
C. tertutup
D. terbuka
E. tertentu
14. Perhatikan struktur kasta berikut !
Pelapisan sosial pada gambar di atas didasarkan pada ….
A. kehormatan
B. keturunan
C. pendidikan
D. kekuasaan
E. kekayaan
15. Gambar pelapisan sosial masyarakat pertanian
Terbentuknya pelapisan sosial pada gambar di atas berdasarkan …
A. pemilikan lahan pertanian
B. kualitas lahan pertanian
C. peralatan pertanian
D. modal usaha pertanian
E. jumlah hasil pertanian
16. Perhatikan contoh di bawah ini !
(1) Demonstrasi besar – besaran karyawan PT.Dirgantara Indonesia
(2) Konflik antara Indonesia dan Malaysia tentang batas wilayah
(3) Kerusuhan yang terjadi antara pekerja dengan managemen
(4) Tawuran antara pelajar SMA dan STM di kota tertentu
Yang termasuk konflik nonvertikal adalah …
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
17. Konflik antara Pemerintah RI dengan GAM pada masa lalu dapat diselesaikan melalui bantuan sebuah lembaga internasional, sehingga diperoleh kesepakatan di antara kedua belah pihak dan masing–masing komitmen terhadap apa yang telah diputuskan. Peran lembaga dalam penyelesaian kasus tersebut menunjukkan contoh akomodasi dalam bentuk ….
A. mediasi
B. arbitrasi
C. konsiliasi
D. ajudikasi
E. kompromi
18. Perhatikan skema struktur majemuk berikut ini !
Masyarakat majemuk pada gambar tersebut berbentuk ….
A. integrasi kesukuan dan pekerjaan
B. interaksi suku, pedagang dan pegawai
C. konsolidasi suku Batak dan Sunda
D. interseksi suku dan pekerjaan
E. konfigurasi pedagang dan pegawai
19. Organisasi sosial pada masyarakat majemuk dapat menjadi tempat beraktivitas bagi orang-orang yang berasal dari berbagai suku bangsa, ras, agama ataupun golongan dan aliran. Keadaan demikian akan mengasilkan struktur sosial yang berfungsi ….
A. menghambat interseksi sosial
B. menghentikan konsolidasi sosial
C. mendorong konsolidasi sosial
D. mendorong integrasi sosial
E. meningkatkan loyalitas kelompok
20. Kolonialisme Belanda di Indonesia menerapkan politik yang membedakan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan bagi golongan pribumi (bangasawan dan rakyat jelata) sehingga mengakibatkan terhambatnya mobilitas sosial melalui pendidikan. Berdasarkan paparan tersebut dapat diketahui bahwa penghambat terjadinya mobilitas vertikal adalah ….
A. keadaan ekonomi
B. diskriminasi sosial
C. situasi politik negara
D. lingkungan sosial
E. sosialisasi yang kuat
21. Perhatikan bagan berikut !
Bagan di atas menggambarkan terjadinya mobilitas sosial ….
A. vertikal naik
B. vertikal turun
C. horizontal geografis
D. intragenerasi turun
E. antargenerasi horizontal
22. Aa Gym adalah anak seorang tentara yang tinggal di lingkungan Kauman dan kuliah di perguruan tinggi umum. Ia belajar ngaji pada seorang ajengan. Meskipun memiliki beberapa jenis usaha bisnis, ia lebih dikenal dan dihormati sebagai seorang dai atau ustadz. Jenis saluran mobilitas yang digunakan adalah …
A. angkatan bersenjata
B. lembaga keagamaan
C. lembaga pendidikan
D. organisasi politik
E. organisasi keahlian
23. Beberapa keluarga yang berdekatan membentuk Rukun Tetangga. Selanjutnya sejumlah Rukun Tetangga membentuk RW (Rukun Warga). Kelompok sosial yang terbentuk berdasarkan lokalitas tersebut dinamakan ….
A. masyarakat
B. komunitas
C. kelompok
D. patembayan
E. paguyuban
24. Meskipun berasal dari nenek moyang dengan budaya yang sama, dewasa ini masyarakat Indonesia bersifat multietnis. Diferensiasi kesukuan terjadi karena mereka hidup terpencar dalam ribuan pulau. Kondisi tersebut melatarbelakangi munculnya budaya masing–masing kelompok sebagai upaya adaptasi terhadap tantangan hidup dari lingkungan yang dihadapi.
Berdasarkan realitas tersebut dapat diketahui bahwa kemajemukan budaya Indonesia disebabkan oleh fakta sosiologi, yakni ….
A. perbedaan kekayaan sumber daya alam
B. pengalaman historis pernah dijajah
C. isolasi geografis karena bentuk wilayah
D. perkembangan kebutuhan dan tuntutan zaman
E. keragaman mata pencaharian masyarakat
25. Ciri-ciri masyarakat majemuk :
(1) Terjadi segmentasi ke dalam berbagai kelompok
(2) Memiliki struktur sosial yang dinamis dan heterogen
(3) Sulit mencapai konsensus bersama secara damai
(4) Ada dominasi politik oleh kelompok yang kuat
Kondisi tersebut berpengaruh terhadap munculnya potensi ….
A. integrasi nasional
B. akulturasi budaya
C. konflik horizontal
D. stratifikasi sosial
E. diferensiasi fungsional
26. Beberapa perilaku dalam masyarakat majemuk :
(1) Memberikan kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan politik tanpa membedakan latar belakang suku bangsa, agama, ras, ataupun golongan .
(2) Memandang bahwa identitas kelompok, seperti etnis, ras, dan agama, bukanlah hal yang kaku dan menghambat pergaulan sosial.
(3) Membentuk partai politik berdasarkan paham, ideologi, atau keterikatan pada faktor-faktor seperti suku bangsa, agama, dan ras.
(4) Memberikan prioritas atau perlakuan istimewa kepada orang–orang yang berasal dari daerah, suku bangsa, agama atau ras tertentu.
Yang termasuk perilaku sosial primodial adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
27. Seorang ekstremis menganggap bahwa hanya pendapat kelompok sendirilah yang benar dan menolak pendapat dari luar kelompoknya. Dalam kehidupan multikultural, sikap ekstrem tersebut dapat merusak upaya untuk memperkuat proses ….
A. integrasi
B. organisasi
C. asosiasi
D. institusi
E. sosialisasi
28. Masyarakat yang menganut prinsip homogenitas (persamaan perilaku dan sikap) mempunyai solidaritas yang tidak fleksibel dan cenderung monoton. Solidaritas yang banyak berlaku di masyarakat pedesaan tersebut termasuk jenis solidaritas ….
A. sosial
B. bersama
C. primer
D. mekanik
E. organik
29. Evolusi merupakan perubahan sosial yang bersifat lambat. Perubahan tersebut memerlukan waktu yang cukup lama, misalnya ….
A. pergantian sistem pemerintahan dari orde lama menjadi orde baru
B. pergeseran sistem pemerintahan dari orde baru menjadi orde reformasi
C. perkembangan sistem berburu dan meramu ke sistem pertanian modern
D. perubahan kebudayaan di China pada tahun 1948 menjadi komunis
E. pelaksanaan glasnost dan perestroika di Rusia menuju demokrasi
30. Perubahan sosial merupakan pergeseran struktur, sistem dan lembaga masyarakat dalam aspek politik, ekonomi, dan sosial budaya. Perubahan partisipasi rakyat dalam menyalurkan aspirasinya untuk memilih pemimpin adalah perubahan dalam bidang ….
A. politik
B. ekonomi
C. struktur
D. budaya
E. sosial
31. Krisis minyak bumi mendorong masyarakat Indonesia melakukan inovasi/penemuan baru. Masyarakat berhasil menemukan minyak gas yang bahan bakunya dari sisa kotoran hewan dan dapat dimanfaatkan untuk mengganti minyak tanah yang semakin mahal. Contoh tersebut menunjukkan perubahan sosial yang disebabkan oleh faktor ….
A. kemampuan internal
B. pengaruh eksternal
C. lingkungan alam
D. dinamika sosial
E. budaya masyarakat
32. Bencana alam semakin banyak terjadi akibat dari eksploitasi potensi kekayaan alam secara tidak professional dan tidak sesuai dengan aturan perundangan. Sebab terjadinya gejala sosial tersebut adalah ….
A. kurang meratanya pembangunan
B. lemahnya penegakan hukum
C. sedikitnya aparatur negara
D. meningkatnya tindak kriminal
E. terjadinya pergolakan daerah
33. Gejala disintegrasi sosial dalam bentuk pergolakan di beberapa wilayah Nusantara masih dapat muncul kembali. Umumnya pergolakan tersebut terjadi karena ….
A. kelompok masyarakat Indonesia
B. sistem pembagian anggaran
C. kuantitas penduduk Indonesia
D. jumlah pulau di Nusantara
E. kesenjangan dan ketidakadilan
34. Perkembangan modernisasi dapat menyebabkan berkurangnya peran agama di masyarakat (sekularisme) seperti pergeseran nilai keagamaan menjadi nilai kebendaan (materialis) yang mengagungkan harta kekayaan. Dampak negatif sekularisme tersebut adalah ….
A. berkembangnya ritual keagamaan
B. meningkatnya pola piker rasional
C. kurangnya pemahaman diri sendiri
D. terbatasnya ilmu pengetahuan dan teknologi
E. merosotnya iman dan kepercayaan terhadap Tuhan
35. Perkembangan demokrasi di Indonesia dapat ditengarai dari pemilu legislatif, pemilihan presiden, dan pilkada secara langsung. Dampak positif dari demokratisasi tersebut bagi masyarakat adalah....
A. meningkatnya partisipasi rakyat
B. meluasnya kesempatan kerja
C. terlaksananya pemilu pada hari libur
D. meningkatnya kualitas pelaksanaan pemilu
E. tersusunnya tata cara pelaksanaan pemilu
36. Pada sebagian besar masyarakat yang tinggal di perkotaan ada kecenderungan untuk menerapkan kebudayaan Barat dalam pola perilaku kehidupannya. Werternisasi tersebut berdampak negatif terhadap masyarakat dalam bentuk ….
A. lebih terbuka terhadap budaya lain
B. kehilangan jati diri dan kepribadian
C. banyak barang infor di pasar
D. pembatasan tenaga dalam negeri
E. sarana kegiatan lebih mahal
37. Perhatikan gejala sosial berikut :
(1) Memiliki simbol/lambang tertentu
(2) Usia lembaga lebih panjang
(3) Memiliki anggota lebih dari satu
(4) Tidak dapat berubah/statis
Di antara gejala di atas yang menunjukkan ciri-ciri lembaga sosial adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
38. Keluarga berperan dalam membentuk kepribadian dan perilaku anak agar sesuai dengan harapan orang tua maupun masyarakat. Fenomena tersebut menunjukkan, bahwa keluarga mempunyai fungsi ….
A. pengawasan
B. sosialisasi
C. proteksi
D. afeksi
E. ekonomi
39. Perdagangan merupakan usaha mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen. Peran penting lembaga perdagangan tersebut bagi kelangsungan hidup masyarakat adalah....
A. menyalurkan kebutuhan pokok bagi masyarakat
B. menyusun pedoman tentang sistem pengupahan
C. memberi layanan terbaik bagi masyarakat
D. meningkatkan kerjasama sesama perusahaan
E. mengatur pendapatan anggota masyarakat
40. Lembaga pendidikan berperan dalam mewujudkan integrasi sosial masyarakat Indonesia yang mejemuk. Peran lembaga tersebut dilaksanakan dalam bentuk ….
A. transmisi pengetahuan dan ketrampilan
B. sosialisasi dan pendidikan multikultural
C. indoktrinasi ideologi pada peserta didik
D. pengajaran matematika dan bahasa daerah
E. pemberantasan buta aksara dan angka
41. Fungsi dari lembaga agama bagi kepentingan integrasi kelompok intern umat adalah ….
A. membagi komunitas berdasarkan kelas secara vertikal
B. mempersatukan komunitas atas dasar keyakinan
C. memberi ketenangan batin bagi individu/kelompok
D. meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat
E. terciptanya keteraturan sosial dalam masyarakat
42. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Menarik minat peneliti
(2) Mampu dilaksanakan
(3) Mengandung banyak variabel
(4) Mudah dibuat duplikasnya
Yang termasuk syarat pemilihan topik penelitian yang baik adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
43. Melalui pengamatan yang baik, seorang siswa melakukan penelitian terhadap pemalsuan air minum mineral merk tertentu. Siswa tersebut berhasil mengungkapkan jaringannya dan pihak –pihak yang terlibat. Deskripsi tersebut mengidentifikasikan jenis penelitian ….
A. deskriptif
B. korelatif
C. komparatif
D. studi kasus
E. survei
44. Sekelompok siswa SMA/MA melakukan pengamatan dan wawancara dengan para sopir angkutan kota guna memperoleh data mengenai tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungannya, lama bekerja dalam sehari, pendapatan kotor, jumlah uang yang harus disetorkan kepada perusahaan, dan lain-lain. Dilihat dari cara memperolehnya, data tersebut termasuk jenis ….
A. sekunder
B. kualitatif
C. primer
D. nominal
E. kuantitatif
45. Beberapa ciri pengumpulan data :
(1) Cepat memperoleh data dari sumber yang terpencar di berbagai tempat
(2) Mendapatkan data mengenai peristiwa yang terjadi dengan lebih sempurna
(3) Menciptakan gejala yang diteliti sesuai dengan rancangan penelitian
(4) Masyarakat yang diteliti tidak terganggu oleh aktivitas peneliti
Di antara ciri tersebut yang termasuk kelebihan metode observasi non-partisipasi untuk pengumpulan data adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
46. Apabila kita meneliti upacara adat di Minangkabau kemudian kita berada dan ikut dalam prosesi di acara tersebut sehingga data yang diperoleh lebih akurat, maka hal itu menunjukkan contoh pengumpulan data dengan cara
A. studi kepustakaan
B. angket/kuesioner
C. observasi partisipasi
D. wawancara
E. dokumentasi
47. Penelitian tentang prestasi belajar siswa dilakukan di SMA Madurasa mengambil sampel kelas X sebanyak 50 siswa, kelas XI sebanyak 50 siswa dan kelas XII sebanyak 50 siswa. Berdasarkan pengambilan sampel tersebut, maka teknik yang digunakan adalah ….
A. area sampling
B. random sampling
C. stratified sampling
D. clustered sampling
E. purposive sampling
48. Perhatikan pernyatan di bawah ini:
(1) tabel frekuensi
(2) tabulasi
(3) variabel
(4) tabulasi silang
Dari pernyataan di atas, yang termasuk tahap pengorganisasian data adalah ....
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (2) dan (4)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (4)
E. (1), (2), (3) dan (4)
49. Data angka pengangguran di Indonesia (Kompas, 17 Februari 2009) sebagai berikut :
No Tahun Persen
1. 2004 9,9
2. 2005 11,2
3. 2006 10,3
4. 2007 9,1
5. 2008 8,5
Berdasarkan tabel tersebut, prestasi terbaik dalam mengatasi pengangguran tertinggi terjadi pada tahun ….
A. 2004
B. 2005
C. 2006
D. 2007
E. 2008
50. Penulisan atau penyusunan laporan hasil penelitian sosial sangat berguna bagi siswa peneliti dalam berpikir objektif, karena ....
A. mendapatkan data empiris tentang kehidupan sosial
B. mengajarkan teknik penulisan laporan penelitian
C. melatih siswa mengembangkan ilmu pengetahuan
D. memberikan pengetahuan mengenai penelitian
E. membiasakan penggunaan bahasa yang efektif
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
tutorial blog | artikel terselubung |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar